Strategi Pengumpulan Zakat dalam meningkatkan Kepuasan Muzakki (Studi Kasus Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo)

Authors

  • Ahmad Agus Wari IAI DDI Polewali Mandar
  • Mesrawati Rifai IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jimat.v1i1.112

Keywords:

Zakat, Kepuasan dan Muzakki

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki, dan Kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pengumpulan zakat.  

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki, dan Adanya kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pengumpulan zakat . Hasil pengamatan dari strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki di Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo menerapkan strategi dengan membuat Gerai Zakat, Kerja Langsung bersama relawan, kotak donasi serta sosialisasi. Dengan cara tersebut Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo dengan sangat mudah mendapatkan dana zakat. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan Muzakki, Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo selalu bersikap transparan dan  meningkatkan pelayan secara baik.

Downloads

Published

2021-04-23