Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Minat Masyarakat menjadi Nasabah Pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar
DOI:
https://doi.org/10.36915/jimat.v1i1.115Keywords:
Komunikasi, Pemasaran, dan Asuransi TakafulAbstract
Pokok masalah artikel ini adalah bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Makassar? Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kajian Pustaka (library Research) dan penelitian lapangan (field research), dimana pengumpulan datanga melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan antara lain: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R2), dan uji signifikan (uji –t / t-test).
Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 15,424 + 0,647X, nilai R sebesar 0,722 yang menandakan bahwa hubungan antar dua variabel tersebut tergolong dalam kategori kuat. Dan R Squarer sebesar 0,354, Hal ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran (X) memiliki pengaruh konstribusi sebesar 35,4% terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar (Y) dan 64,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain komunikasi pemasaran. Uji t diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak hipotesis H0 dan menerima hipotesis H1 yang berarti “Komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sappeami, Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.