PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Penerapan model pembelajaran koorperatif tipe think pair share (TPS) di SMA Negeri 1 Tapango

Authors

  • ruslan madi SMAN 1 Tapango
  • Mustapa T IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v13i1.222

Keywords:

Hasil belajar; Think pair share

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan
kewarganegaraan (PKn) pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tapango Kabupaten Polewali Mandar melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah Siswa XI SMA Negeri 1 Tapango Kab. Polewali Mandar dengan jumlah Siswa 24 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Skor rata-rata hasil tes siklus I skor rata-rata 57,30
berada dalam kategori sedang, siklus II skor rata-rata 74,0 berada dalam kategori tinggi. Dari penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil
belajar

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

madi, ruslan, & T, M. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE: Penerapan model pembelajaran koorperatif tipe think pair share (TPS) di SMA Negeri 1 Tapango. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.36915/jitu.v13i1.222