PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
Penerapan model pembelajaran koorperatif tipe think pair share (TPS) di SMA Negeri 1 Tapango
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v13i1.222Keywords:
Hasil belajar; Think pair shareAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan
kewarganegaraan (PKn) pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Tapango Kabupaten Polewali Mandar melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah Siswa XI SMA Negeri 1 Tapango Kab. Polewali Mandar dengan jumlah Siswa 24 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif. Skor rata-rata hasil tes siklus I skor rata-rata 57,30
berada dalam kategori sedang, siklus II skor rata-rata 74,0 berada dalam kategori tinggi. Dari penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil
belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ruslan madi, Mustapa T

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.