MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE SIMULASI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE SIMULASI
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v14i1.320Keywords:
Hasil belajar, Metode SimulasiAbstract
Penelitian ini adalah penelian tindakan kelas (clasroom action search). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penggunaan metode simulasi pada murid kelas V SD 036 Buntu Lamba Kab. Polewali Mandar.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan dalam pembelajaran PKn dan lembar observasi. Tes hasil belajar dapat diukur dari hasil belajar analisis secara kuantitatif dan hasil lembar observasi dianalisis secara kualitatif. Teknik analisis data diambil pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar PKn murid 71,00 dan berada pada kategori sedang dan meningkat pada siklus kedua nilai rata-rata hasil belajar PKn berada pada nilai rata-rata 80,18. Berada pada kategori tinggi. Ketuntasan hasil belajar PKn murid meningkat setelah digunakan pendekatan metode simulasi yaitu pada siklus pertama terdapat 8 murid belum tuntas dan pada siklus kedua semua murid tuntas. Semangat dan motivasi murid dalam mengikuti proses pembelajaran sangat tinggi, hal ini ditunjukkan semakin minimnya murid yang melakukan aktivitas lain yang dapat menganggu kegiatan pembelajaran, sehingga berimplikasi pada keaktifan murid dalam proses belajar mengajar. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan metode simulasi dapat meningkatkan hasl belajar PKn pada murid kelas V SD 036 Buntu Lamba Kab. Polewali Mandar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 haris nawawi, Rivai Makduani, Muji Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.