APAKAH BENAR SHALAT SUBUH DAN MEDIA SOSIAL MEMPENGARUHI PRESTASI SISWA DALAM BELAJAR?
PENGARUH KEBIASAAN SALAT SUBUH DAN MEMBUKA MEDIA SOSIAL DI PAGI HARI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v14i1.322Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh kebiasaan salat subuh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Majene; 2) Pengaruh kebiasaan membuka media sosial di pagi hari terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 3) Pengaruh kebiasaan salat subuh dan membuka media sosial di pagi hari terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 6 Majene.
Subjek penelitian yang dipilih secara random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex pot facto. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Metodologi pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Data yang diambil yaitu dokumentasi nilai rapot siswa dan skor angket kebiasaan salat subuh dan membuka media sosial di pagi hari.
Hasil analisis hipotesis uji regresi sederhana dan uji regresi berganda antara kebiasaan salat subuh (X1) dan membuka media sosial di pagi hari (X2) terhadap prestasi belajar PAI (Y) adalah sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh antara kebiasaan salat subuh (X1) terhadap prestasi belajar PAI (Y) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 41,3%, 2) Terdapat pengaruh antara kebiasaan membuka media sosial di pagi hari (X2) terhadap prestasi belajar PAI (Y) dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 24,2%, 3) Terdapat pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y dengan nilai signifikan 0,000< 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 49%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 HIJRA HIJRA, Anwar Sewang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.