Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat <p>Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah adalah terbitan berkala ilmiah yang menerbitkan artikel dari hasil penelitian yang berhubungan kajian ekonomi dan perbankan syariah seperti Islamic Economics, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, dan Sharia Financial Banking. Jurnal ini dilengkapi dengan <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221202241045712"><strong>E-ISSN 2985-3176</strong></a></p> en-US Sapri@ddipolman.ac.id (Sapri) bungakbar71@gmail.com (Muhammad Akbar) Sun, 10 Nov 2024 15:31:04 +0000 OJS 3.3.0.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Tingkat Pembiayaan Produk Gadai Emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Polewali https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/111 <p>Permasalahan yang diteliti pada karya tulis ilmiah ini adalah: untuk mengetahui bagaimana pengaruh pandemi <em>Covid-19</em> terhadap tingkat pembiayaan&nbsp; produk gadai emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Polewali. Jenis penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif yaitu survai dengan tehnik analisis regresi sederhana dengan mengunakan alat bantu aplikasi IBM SPSS Versi 26. Pada penelitian ini metode yang dipakai untuk mengumpulkan sampel adalah <em>non-probobility sampling</em> yang didefinisikan bahwa tidak semua populasi mempunyai peluang yang sama untuk menjadi responden (sampel). Dalam metode <em>non-probobility sampling</em>, tehnik yang digunakan adalah <em>accidental sampling. </em>Dalam metode penetapan sampel tidak disengaja (<em>accidental</em>) ini, peneliti mengambil sampel atau responden nasabah gadai yang datang dan ditemuinya pada saat itu. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. &nbsp;Berdasarkan uji t, dapat dijelaskan bahwa nilai thitung sebesar -0,967 lebih kecil dari ttabel sebesar 1,98447 dan nilai signifikansi 0,336 &gt; 0,05. Dari hasil uji t tersebut menunjukkan bahwa pandemi <em>Covid-19</em> (variabel X) <em>&nbsp;</em>tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat pembiayaan produk gadai emas (variabel Y) di Bank Syariah Mandiri KCP Polewali. Artinya ada atau tanpa adanya penyakit menular <em>Covid-19</em> atau pandemi <em>Covid-19 </em>ini tidak memberi dampak terhadap nasabah untuk melakukan transaksi pembiayaan produk gadai emas pada Bank Syariah Mandiri KCP Polewali.</p> Syahril Syahril, Ferdiansyah Himawan, Sutan Emir Hidayat Copyright (c) 2022 Syahril, Ferdiansyah Himawan, Sutan Emir Hidaya https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/111 Mon, 01 Mar 2021 00:00:00 +0000 Strategi Pengumpulan Zakat dalam meningkatkan Kepuasan Muzakki (Studi Kasus Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo) https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/112 <p>Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki, dan Kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pengumpulan zakat.&nbsp;&nbsp;</p> <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang membangun makna berdasarkan data lapangan. Prosedur penelitian kualitatif ini, menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut diambil kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: Adanya strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki, dan Adanya kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pengumpulan zakat . Hasil pengamatan dari strategi pengumpulan zakat dalam meningkatkan kepuasan muzakki di Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo menerapkan strategi dengan membuat Gerai Zakat, Kerja Langsung bersama relawan, kotak donasi serta sosialisasi. Dengan cara tersebut Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo dengan sangat mudah mendapatkan dana zakat. Sedangkan untuk meningkatkan kepuasan Muzakki, Lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo selalu bersikap transparan dan&nbsp; meningkatkan pelayan secara baik.</p> Ahmad Agus Wari, Mesrawati Rifai Copyright (c) 2021 Ahmad Agus Wari, Mesrawati Rifai https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/112 Fri, 23 Apr 2021 00:00:00 +0000 Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Minat Masyarakat menjadi Nasabah Pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/115 <p>Pokok masalah artikel ini adalah bagaimana pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Makassar? Artikel ini merupakan penelitian kuantitatif, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Kajian Pustaka (<em>library Research</em>) dan penelitian lapangan (<em>field research</em>), dimana pengumpulan datanga melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan antara lain: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, koefisien korelasi (R), koefisien determinasi (R<sup>2</sup>), dan uji signifikan (uji –t / t-test).</p> <p>Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresi Y = 15,424 + 0,647X<strong>, </strong>&nbsp;nilai R sebesar 0,722 yang menandakan bahwa hubungan antar dua variabel tersebut tergolong dalam kategori kuat. Dan R Squarer sebesar 0,354, Hal ini menunjukkan bahwa variabel komunikasi pemasaran (X) memiliki pengaruh konstribusi sebesar 35,4% terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar (Y) dan 64,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain komunikasi pemasaran. Uji t diperoleh nilai sig&nbsp; 0,000 &lt; 0,05, &nbsp;sehingga dapat diartikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak hipotesis H<sub>0</sub> dan menerima hipotesis H<sub>1</sub> yang berarti “Komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Asuransi Takaful Umum Cabang Makassar”.</p> Sappeami Sappeami, Baharuddin Baharuddin Copyright (c) 2021 Sappeami, Baharuddin https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/115 Fri, 23 Apr 2021 00:00:00 +0000 Pengembangan Potensi Ekonomi Masyarak Petani Padi Sawah dalam Perspektif Ekonomi Islam(Studi Kasus Pada Desa Arjosari Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar) https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/116 <p>Penelitian ini merupakan penelitian <em>kualitatif</em>, informasi mengenai subyek penelitian didapatkan dari teknik pengumpulan data yang telah dilakukan terhadap subyek peneliti yaitu Para Petani Padi Sawah. Metode analasis data yang digunakan adalah teknik deskriptif-analisis. Penelitian ini dilakukan di Desa Arjosari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar selamat Juli- November 2019. Tujuan peneliti disini untuk mengetahui perkembangan, potensi dan kesejahteraan Petani Padi Sawah di Desa Arjosari, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Hasil peneliti menunjukkan rata-rata Petani disana sudah bisa di bilang berkembangan dengan adanya teknologi modern saat ini. Dan Potensi yang dimliki Petani disana, mereka memanfaatkan Lahan kosongnya setelah iya panen padi, ditanamin kacang kedelai maupun kacang hijau, ini adalah potensi yang di milikinya. Serta kesejahteraan petani disana&nbsp; dikatakan sejahtera karna mereka mampu menyekolahkan dan merasa cukup terhadap penghasilan nya sebagai Petani Padi Sawah.</p> Nilda Nilda, Dzulkifli Dzulkifli Copyright (c) 2021 Nilda, Dzulkifli https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/116 Fri, 23 Apr 2021 00:00:00 +0000 Pengaruh Sosialisasi Terhadap minat Masyarakat Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo Untuk Berwakaf Tunai di Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/117 <p>Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo dalam mempromosikan wakaf tunai dapat mempengaruhi minat masyarakat khususnya di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kec. Wonomulyo untuk berwakaf tunai di Baitul Maal As’adiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah <em>Slovin. </em>Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 77 responden yang berdomisili di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo. Model kajian untuk memperoleh data tersebut digunakan kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan metode Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sosialisasi (X) berpengaruh positif terhadap Minat berwakaf tunai dengan hasil pengujian analisis regresi diperoleh nilai T hitung sebesar 4,940 &nbsp;dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (&lt;0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat berwakaf Tunai. Dengan nilai koefisien determinasi dapat dilihat dari <em>R Square </em>sebesar x 0,747 berarti pengaruh variabel literasi terhadap minat berwakaf uang adalah 74,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.</p> Riska Andriani, Fauziah Fauziah Copyright (c) 2021 Riska Andriani, Fauziah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jimat/article/view/117 Fri, 23 Apr 2021 00:00:00 +0000