Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Melalui Penggunaan Media Gambar Di SMA Negeri Tapango

Authors

  • Ruslan M IAI DDI Polewali Mandar
  • Mustapa T IAI DDI Polewali Mandar

Abstract

Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar di SMA negeri Tapango Kab.Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Tapango sebanyak 70 orang. sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling.Total sampling dilakukan karena jumlah siswa kelas X ada dua kelas sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan dokumentasi yang diolah dengan analisis statistik inferensial menggunakan rumus t-tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN di SMA negeri Tapango Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai rata-rata yang diajar dengan menggunakan media gambar adalah 8,38 dan rata-rata nilai yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar adalah 6,91.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Ruslan M, & Mustapa T. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Melalui Penggunaan Media Gambar Di SMA Negeri Tapango . Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 11(1), 43–51. Retrieved from https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jitu/article/view/152