Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Melalui Penggunaan Media Gambar Di SMA Negeri Tapango
Abstract
Tujuan penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan prestasi belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar di SMA negeri Tapango Kab.Polewali Mandar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Tapango sebanyak 70 orang. sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling.Total sampling dilakukan karena jumlah siswa kelas X ada dua kelas sehingga semua populasi dijadikan sampel. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan dokumentasi yang diolah dengan analisis statistik inferensial menggunakan rumus t-tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajar dengan menggunakan media gambar dengan tanpa media gambar siswa kelas X dalam mata pelajaran PPKN di SMA negeri Tapango Kabupaten Polewali Mandar dengan nilai rata-rata yang diajar dengan menggunakan media gambar adalah 8,38 dan rata-rata nilai yang diajar dengan tidak menggunakan media gambar adalah 6,91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.