MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 POLEWALI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 POLEWALI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v13i1.224Keywords:
kemampuan berbicara,, model pembelajaran role playAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran role play dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X Pemasaran-1 SMKN 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran-1 SMK Negeri 1 Polewali Semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022, yang berjumlah 35 siswa (21 perempuan dan 14 laki-laki). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan perekaman. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan melalui tahap-tahap: (1) menelaah seluruh data, (2) mereduksi data, (3) menyajikan data, dan (4) menyimpulkan hasil penulisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 jumlah siswa kelas X Pemasaran-1 SMKN 1 Polewali, yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran role paly, nilai tertinggi yang diperoleh pada siklus I yaitu 85 nilai terendah 45 dan nilai rata-rata 64 sedangkan nilai tertinggi yang diperoleh pada siklus II sebesar 95 nilai terendah 60 dan nilai rata-rata 85.
Penelitian tentang penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas X Pemasaran-1 SMKN 1 Polewali, disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas X Pemasaran-1 SMKN 1 Polewali. Kemampuan berbicara siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan siswa meningkat dari 9 orang atau 25,71% pada Siklus I menjadi 85,75% atau 30 orang dari 35 siswa. Kenaikan ini diiringi dengan penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas pada siklus I berjumlah 26 orang (74,29%) menjadi 5 orang (14,29%) pada siklus II. Demikian pula dengan rata-rata nilai kemampuan berbicara siswa meningkat dari 65 menjadi 85.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 halimah M
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.