Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PPKn

Authors

  • damra damrah SLB Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v13i2.254

Keywords:

minat,, prestasi belajar,, picture and picture

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan  meningkatkan    minat dan hasil belajar PPKn siswa kelas III SDLB  dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 5 siswa. Metode  pengumpulan data yang menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kondisi awal, persentase jumlah siswa sebesar 1 siswa  atau 20,00% menjadi 3 siswa  atau 60,00% pada siklus 1, dan 5 siswa atau 100% pada siklus 2.  Nilai rata-rata  kondisi awal sebesar 51,00, pada akhir siklus 1 adalah 60,00 dan pada siklus kedua sebesar 75,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sudah mencapai target yang ditentukan (70,00) sehingga memenuhi target pencapaian kriteria keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pembelajaran PPKn.  

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

damrah, damra. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PPKn . Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 13(2), 82–93. https://doi.org/10.36915/jitu.v13i2.254