Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PPKn
DOI:
https://doi.org/10.36915/jitu.v13i2.254Keywords:
minat,, prestasi belajar,, picture and pictureAbstract
Abstrak
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn siswa kelas III SDLB dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 5 siswa. Metode pengumpulan data yang menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kondisi awal, persentase jumlah siswa sebesar 1 siswa atau 20,00% menjadi 3 siswa atau 60,00% pada siklus 1, dan 5 siswa atau 100% pada siklus 2. Nilai rata-rata kondisi awal sebesar 51,00, pada akhir siklus 1 adalah 60,00 dan pada siklus kedua sebesar 75,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sudah mencapai target yang ditentukan (70,00) sehingga memenuhi target pencapaian kriteria keberhasilan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pembelajaran PPKn.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 damra damrah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.