POTENSI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Analisis Filsafat Pendidikan

Authors

  • ahmad jafar MAN 2 Polman

Keywords:

Keywords: Morality, Educational Philosophy, Islam.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menganalisis potensi akhlak dalam pendidikan Islam melalui pendekatan filsafat pendidikan. Akhlak dianggap sebagai inti dari seluruh proses pendidikan Islam, dengan tujuan membentuk individu yang unggul secara moral dan spiritual. Filsafat pendidikan Islam menekankan bahwa tujuan akhir pendidikan adalah mencapai insan kamil, yaitu individu yang sempurna dalam aspek jasmani, rohani, dan akhlaknya. Penelitian ini mengeksplorasi konsep-konsep seperti fitrah (disposisi alami), tujuan hidup manusia, dan hubungan antara guru dan murid, serta bagaimana konsep-konsep ini dapat membentuk kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan akhlak mulia. Selain itu, penelitian ini menyoroti tantangan dan peluang dalam mengimplementasikan nilai-nilai akhlak dalam sistem pendidikan modern. Hasil analisis menunjukkan bahwa memahami dan mengaplikasikan potensi akhlak dalam pendidikan Islam dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas dan kompeten, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

jafar, ahmad. (2024). POTENSI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM: Analisis Filsafat Pendidikan. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 14(2), 72–78. Retrieved from https://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/jitu/article/view/362