DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 PINRANG KABUPATEN PINRANG

Authors

  • HAIRUL INSTITUT AGAMA ISLAM DDI POLEWALI MANDAR
  • Yusriah IAI DDI POLMAN

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v14i2.373

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam terhadap jenis  kesulitan belajar dan cara guru mendiagnosis kesulitan belajar siswa serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, wali kelas dan siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar sebagai anggota populasi yang disampel dengan menggunakan teknik snowball untuk mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen wawancara, sehingga data yang terkumpul dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa di SMK Negeri 5 Pinrang Kabupaten Pinrang yakni, kesulitan belajar learning disorder  berjumlah 30 siswa yang mengalami,  learning disability 20 siswa yang mengalami, learning disfungsion 1 siswa yang mengalami, slow learner  20 siswa yang mengalami.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

HAIRUL, & Yusriah. (2024). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 PINRANG KABUPATEN PINRANG . Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.36915/jitu.v14i2.373