Studi Analisis Kinerja Supervisi Pendidikan Di Smpn 4 Tutar Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Mahmuddin Mahmuddin IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v7i2.38

Keywords:

Kinerja, Supervisi Pendidikan, Peningkatan, Hasil Belajar PKn

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara jelas mengenai kinerja supervisi pendidikan dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada peserta didik SMP Negeri 4 Tutar Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan para guru SMP Negeri 4 Tutar serta dukumen sekolah. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian angket oleh responden yang telah dipilih untuk mendapatkan informasi tentang kinerja supervisi pendidikan dalam upaya peningkatan hasil belajar PKn pada peserta didik SMP Negeri 4 Tutar dan data tentang hasil belajar PKn yang dicapai peserta didik SMP Negeri 4 Tutar diambil dari nilai yang tertulis dalam rapor peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif memberikan informasi bahwa kinerja supervisi pendidikan dalam upaya peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (PKn) pada peserta didik SMP Negeri 4 Tutar Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar yang terdiri dari aspek frekuensi pelaksanaan, sifat pelaksanaan, dasar pelaksanaan, aspek pendorong pengembangan potensi, inisiatif, dan kreativitas guru, aspek kebutuhan guru, perbaikan, pembelajaran, dan aspek peningkatan kemampuan guru adalah merupakan kinerja supervisi pendidikan yang telah mencapai tingkat kinerja 75% atau kinerja yang mencapai tingkat maksimal. Rata-rata nilai hasil belajar PKn yang dicapai peserta didik SMP Negeri 4 Tutar pada semester genap, tahun pelajaran 2015/2016 adalah nilai hasil belajar PKn yang berkategori tinggi yang merupakan suatu hasil yang sangat sesuai dengan kinerja supervisi pendidikan yang telah dilakukan di SMP Negeri 4 Tutar Kabupaten Polewali Mandar yang mencapai tingkat kinerja yang maksimal.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Mahmuddin, M. (2021). Studi Analisis Kinerja Supervisi Pendidikan Di Smpn 4 Tutar Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 7(2), 139–152. https://doi.org/10.36915/jitu.v7i2.38