Pengembangan Sumber Daya Pegawai Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Kampus Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar)

Authors

  • Rivai Makduani IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.59

Keywords:

Pengembangan, Sumber Daya Pegawai, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengembangan sumber daya pegawai dan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan pegawai dan terhadap kepuasan mahasiswa serta pengaruh kualitas pelayanan pegawai terhadap kepuasan mahasiswa di IAI DDI Polewali Mandar. Penelitian ini dilaksanakan di kampus Institut Agama Islam (IAI) DDI Polewali Mandar dengan populasi seluruh pegawai dan seluruh mahasiswa di IAI DDI Polewali Mandar yang tersebar di empat fakultas. Jumlah sampel yang dijadikan responden adalah 30 orang pegawai dan 30 orang mahasiswa IAI DDI Polewali Mandar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan pengembangan sumber daya pegawai dan kualitas pelayanan pegawai di lingkup IAI DDI Polewali Mandar serta kepuasan mahasiswa IAI DDI Polewali Mandar, sedangkan untuk menganalisis pengaruh pengembangan sumber daya pegawai terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa digunakan analisis Regresi Linear Ganda.

            Hasil penelitian membuktikan bahwa pengembangan sumber daya pegawai yang dilakukan di IAI DDI Polewali Mandar belum terlaksana dengan baik, pengembangan sumber daya pegawai IAI DDI Polewali Mandar berpengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pegawai di IAI DDI Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 12,04%, pengembangan sumber daya pegawai IAI DDI Polewali Mandar berpengaruh langsung dan tidak langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa IAI DDI Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 30,22%, dan Kualitas pelayanan pegawai IAI DDI Polewali Mandar berpengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa IAI DDI Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 27,46%.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Makduani, R. . (2021). Pengembangan Sumber Daya Pegawai Dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Kampus Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar). Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.36915/jitu.v8i2.59