Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Pembelajaran Model Jigsaw Siswa Kelas X SMA Negeri Matakali

Authors

  • Sudarmin Hading IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.69

Keywords:

Peningkatan Prestasi Belajar, Pelajaran Ekonomi, Pembelajaran Model Jigsaw

Abstract

Tujuan utama penelitan ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X pada SMA Negeri Matakali. Penelitian ini dilaksanakan di kelas kelas X yang dimulai pada pekan pertama bulan Januari sampai dengan pekan ke 4 Maret 2019 (semester II). Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 30 orang, yang dibagi dalam 6 kelompok kerja. Observasi dilaksanakan selama dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas tahap persiapan (perencanaan), pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi, dan revisi tindakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif, dengan menampilkan dalam bentuk tabel, histogram dan dilengkapi dengan perhitungan persentase.

            Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Ekonomi siswa kelas X pada SMA Negeri Matakali yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Jigsaw pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.  Pada siklus  I rata rata hasil belajar siswa  adalah 7.4.  Di antara  mereka  tidak  ada  yang   hasil  belajarnya  termasuk dalam kategori sangat rendah, 20% berada dalam kategori rendah, 36.7% dalam kategori sedang, 26.7% dalam kategori tinggi, dan 16.7% dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa adalah 8.2. Tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat rendah dan rendah, namun ada 36.7% yang masuk dalam kategori sedang, 36.7% dalam kategori tinggi, dan 26.7% dalam kategori sangat tinggi. Terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II, baik dari segi nilai rata-rata yang diperoleh (meningkat 0.8) maupun tingkat persentase siswa pada setiap kategori penilaian, yaitu meningkat 1.0% pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Hal ini adalah bukti bahwa model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Jigsaw efektif membantu siswa meningkatkan hasil belajarnya, khususnya  di kelas X pada  SMA Negeri Matakali. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Matakali. Disarankan agar guru-guru Ekonomi mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Hading, S. . (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pendekatan Kooperatif Dengan Pembelajaran Model Jigsaw Siswa Kelas X SMA Negeri Matakali. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 9(1), 9–20. https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.69