Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Mamasa

Authors

  • Aswar Rahmat IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.74

Keywords:

Kontribusi Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kontribusi pajak daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tingkat efektifitas penerimaan pajak daerah di Kabupaten Mamasa. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamasa. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak yang berwenang yang bersangkutan dalam masalah ini sehingga diperoleh data dan informasi yang diperlukan. Data sekunder sebagai data pendukung dari data primer diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada di Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamasa.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Analisis data secara deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan potensi sumber-sumber pajak daerah. Analisis data secara deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjelaskan potensi penerimaan jenis-jenis pendapatan asli daerah.

            Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa penerimaan pajak daerah selama lima tahun terakhir (2012 – 2016) dapat dikatakan bahwa kontribusi pajak daerah belum mengalami fluktuasi yang cukup besar/signifikan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Mamasa. Dari hasil target dan realisasi pajak daerah selama lima terakhir (2012 – 2016) sudah dapat dikatakan bahwa realisasi penerimaan pajak daerah secara rata-rata masih dibawah target yang telah dianggarkan oleh pemerintah yang mengindikasikan bahwa tingkat pendapatan yang diperoleh dari pajak daerah Kabupaten Mamasa masih rendah. Dari segi persentase, realisasi penerimaan pajak daerah belum terlihat fluktuatif. Tetapi jika dilihat dari segi komulatif, realisasi penerimaan pajak daerah yang diterima oleh pemerintah Kabupaten Mamasa belum meningkat setiap tahunnya, dimana pajak daerah belum bisa memberikan kontribusi yang cukup besar dan merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam meningkatkan PAD.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Rahmat, A. (2021). Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Mamasa. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 9(1), 77–88. https://doi.org/10.36915/jitu.v9i1.74