Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Melalui Penerapan Variasi Stimulus Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali

Authors

  • Muhammad Sapri Hammado IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v9i2.78

Keywords:

Variasi Stimulus, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali Kabupaten Polewali Mandar, melalui penerapan variasi stimulus.

            Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah peserta didik 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi, dan tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, dimana terjadi peningkatan frequensi peserta didik yang berada pada kategori sangat tinggi, yaitu 4 atau 14.8% dari jumlah peserta didik pada siklus I hingga mencapai 17 atau 62.9% di siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik ditunjukkan melalui peningkatan persentase pada kategori ‘sangat tinggi’ pada siklus I yaitu 11.1%, mengalami peningkatan di siklus II yaitu menjadi 44.4%, serta nilai ketuntasan hasil belajar dari 56% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan variasi stimulus dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan peserta didik pada kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali Mandar

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Sapri Hammado, M. . (2021). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Melalui Penerapan Variasi Stimulus Pada Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Polewali. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 9(2), 123–146. https://doi.org/10.36915/jitu.v9i2.78