Implementasi Pendidikan Islam Di Lingkungan Keluarga Dan Pengaruh Yang Ditimbulkan Di Lingkungan Masyarakat Pada Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Yulmiati Yulmiati IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v9i2.79

Keywords:

Implementasi Pendidikan Islam, Pengaruh yang Ditimbulkan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengimplementasikan pendidikan Islam di lingkungan keluarga dan pengaruh yang ditimbulkan pada lingkungan masyarakat pada Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.

            Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikasi dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah keluarga / masyarakat yang berada di  Dusun Lemo Tua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Data-data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pola interaktif yang dikembangkan oleh Milles dan Huberman dengan langkah-langkah mulai dari reduksi data, penyajian data sampai pada penarikan kesimpulan dan atau verifikasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam yang dapat diterapkan atau diimplementasikan di lingkungan keluarga pada Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar yaitu dengan memberikan keteladanan kepada anak yang tentunya sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah saw. Pendidikan Islam yang diterapkan senantiasa dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi saw dan segala sendi kehidupan. Sedangkan pengaruh yang ditimbulkan pada lingkungan masyarakat pada Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar antara lain adalah (1) Melalui pendidikan Islam dan implementasi di lingkungan keluarga dapat membantu membentuk keluarga yang beretika dan berintegritas hidup penuh warna dalam nilai-nilai keislaman, dan (2) Penanaman pendidikan Islam pada lingkungan keluarga merupakan sebagai self control yang akan membingkai karakter menjadi karakter mulia atau akhlaqul karimah.

Downloads

Published

2021-03-22

How to Cite

Yulmiati, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Islam Di Lingkungan Keluarga Dan Pengaruh Yang Ditimbulkan Di Lingkungan Masyarakat Pada Dusun Lemo Tua Desa Kuajang Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.36915/jitu.v9i2.79