Pengaruh Kompetensi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Rivai Makduani IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v10i1.85

Keywords:

Kompetensi Kerja, Lingkungan Kerja, Peningkatan Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi kerja dan lingkungan kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar.

            Berdasarkan tujuan penelitian yang ingin dicapai maka penelitian ini merupakan penelitian explanatory research dan merupakan penelitian survey (survey research) dengan pendekatan kuantitatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Aparatur Sipil Negara yang ada di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 18 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga sampel sebagai sumber data sebanyak 18 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, pengisian angket oleh responden, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji normalitas data dan analisis regresi linier berganda). 

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 19,89%. (2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 17,89%. (3) Secara simultan dan langsung, kompetensi kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja Aparatur Sipil Negara di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar dengan tingkat pengaruh sebesar 25,2%. Sedangkan sisanya sebesar 74,8% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Makduani, R. . (2021). Pengaruh Kompetensi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Di Kantor Kecamatan Luyo Kabupaten Polewali Mandar . Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.36915/jitu.v10i1.85