Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Pembentukan Akhlak Al-Karimah Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Campalagian

Authors

  • Mahfud Hannan IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v10i1.86

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Akhlak Al-Karimah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendapat para ahli yang menyatakan bahwa tujuan Pendidikan Agama Islam adalah pembentukan akhlak. Salah satu masalah yang banyak mendapat sorotan dari pengamat Islam adalah kurangnya jam pelajaran untuk materi Pendidikan Agama Islam di sekolah, sehingga hal tersebut dianggap sebagai penyebab utama kekurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghayati ajaran agama sehingga siswa tidak memiliki bekal untuk membentengi dirinya sendiri dari pengaruh negatif globalisasi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengangkat judul "Korelasi Pendidikan Agama Islam terhadap Pembentukan Akhlak Al-Karimah pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian.

            Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sifat amanah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian; 2) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sikap tawadhu’ siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian; dan 3) Untuk menjelaskan korelasi Pendidikan Agama Islam dengan pembentukan sikap tawakkal siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Campalagian berjumlah 135 siswa. Sampel sebanyak 40 siswa diambil dengan cara Proportional Random Sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dan sebagai variabel bebas adalah akhlak al-karimah. Sumber data penelitian adalah responden dan dokumentasi. Metode dan instrumen pengumpulan datanya adalah angket dengan instrumen pedoman angket, observasi dengan instrumen pedoman observasi, dan dokumentasi dengan pedoman dokumentasi.

            Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Ada korelasi yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sifat amanah dengan koefisien korelasinya kurang dari taraf signifikansi; 2) Tidak ada  korelasi antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sikap tawadhu’ dengan koefisien korelasinya lebih dari taraf signifikansi; dan 3) Ada korelasi yang signifikan antara pendidikan agama Islam dan pembentukan sikap tawakkal dengan koefisien korelasinya kurang dari taraf signifikansi. Besarnya F hitung adalah 3.623 dengan nilai signifikan 0,027 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dan pembentukan akhlak al-karimah pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Campalagian

 

Downloads

Published

2021-03-23

How to Cite

Hannan, M. . (2021). Korelasi Pendidikan Agama Islam Dengan Pembentukan Akhlak Al-Karimah Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Campalagian. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.36915/jitu.v10i1.86