Pola Komunikasi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP DDI Polewali Mandar

Authors

  • Supriadi Supriadi IAI DDI Polewali Mandar
  • Pancong Syafi'i IAI DDI Polewali Mandar

Keywords:

Komunikasi Guru; Pembinaan Akhlak

Abstract

Penelitian ini dilakukan antara lain, Untuk mengetahui pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMP DDI Polewali Mandar .Dan untuk mengetahui efektifitas Pola Komunikasi Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP DDI Polewali Mandar. Penelitian merupakan penelitian lapangan (feiled research) bersifat kulitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara systematis dengan mengangkat yang ada di lapangan, populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 orang guru agama dan 19 siswa yang mengikuti kegiatan rohis. Jenis sampel yang penulis gunakan adalah purposive sampiling. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode interview, metode obsevasi, dan metode dokumentasi untuk analisis data penulis menggunakan analisa kualitatif.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pola komunikasi yang digunakan oleh guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMP DDI Polewali Mandar adalah komunikasi kelompok kecil indikasi ini dilihat dari guru agama menyampaikan kepada siswa dan didengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan oleh guru Agama.

Simpulan hasil penelitian ini bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh guru agama Islam dalam pembinaan akhlak, sudah tercipta dengan baik karna bisa dilihat dari singkat kedisiplinan dan tanggung jawab mereka yang sudah menerapkan akhlak yang baik di lingkungan sekolah. Dan juga didukung dengan kegiatan atau program-program yang mendukung dalam pembinaan akhlak.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Supriadi, S., & Syafi’i, P. (2021). Pola Komunikasi Guru Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP DDI Polewali Mandar. Alhaqiqah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 11–20. Retrieved from http://ejournals.ddipolman.ac.id/index.php/alhaqiqa/article/view/143