Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Negeri 2 Majene
Keywords:
Model Pembelajaran; Kooperatif TPS; Kemampuan Komunikasi.Abstract
Kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih tergolong rendah, hal tersebut diduga disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang masih diterapkan oleh pendidik. Penulis dalam penelitian ini menerapkan model kooperatif tipe pendekatan investigasi berbantuan TPS, karena tipe dan pendekatan tersebut diharapkan sesuai untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Dalam penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif karena data diolah dalam bentuk angka. Gunakan jenis eksperimen semu eksperimental eksperimental. Untuk mengetahui pengaruh komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran yang menjadi tujuan dilaksanakannya penelitian. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis soal skala dan perbandingan. Data selanjutnya yang telah diperoleh akan dihitung dengan menggunakan Analysis of Variance (ANAVA) satu jalan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis peserta didik, yang pada kelas yang diterapkan model Learning Pair Help ditambah dengan kemampuan komunikasi matematis investigasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan TPS model pembelajaran.