Pengaruh Sosialisasi Terhadap minat Masyarakat Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo Untuk Berwakaf Tunai di Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo

Authors

  • Riska Andriani IAI DDI Polewali Mandar
  • Fauziah Fauziah IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jimat.v1i1.117

Keywords:

Sosialisasi, Wakaf Tunai dab Baitul Mall

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo dalam mempromosikan wakaf tunai dapat mempengaruhi minat masyarakat khususnya di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kec. Wonomulyo untuk berwakaf tunai di Baitul Maal As’adiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Slovin. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 77 responden yang berdomisili di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo. Model kajian untuk memperoleh data tersebut digunakan kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan metode Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sosialisasi (X) berpengaruh positif terhadap Minat berwakaf tunai dengan hasil pengujian analisis regresi diperoleh nilai T hitung sebesar 4,940  dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat berwakaf Tunai. Dengan nilai koefisien determinasi dapat dilihat dari R Square sebesar x 0,747 berarti pengaruh variabel literasi terhadap minat berwakaf uang adalah 74,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Published

2021-04-23