Pengaruh Sosialisasi Terhadap minat Masyarakat Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo Untuk Berwakaf Tunai di Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo
DOI:
https://doi.org/10.36915/jimat.v1i1.117Keywords:
Sosialisasi, Wakaf Tunai dab Baitul MallAbstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah sosialisasi yang dilakukan oleh lembaga Baitul Maal As’adiyah Wonomulyo dalam mempromosikan wakaf tunai dapat mempengaruhi minat masyarakat khususnya di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kec. Wonomulyo untuk berwakaf tunai di Baitul Maal As’adiyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Slovin. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 77 responden yang berdomisili di Dusun Termanuk Desa Sumberjo Kecamatan Wonomulyo. Model kajian untuk memperoleh data tersebut digunakan kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan metode Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Sosialisasi (X) berpengaruh positif terhadap Minat berwakaf tunai dengan hasil pengujian analisis regresi diperoleh nilai T hitung sebesar 4,940 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 (<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat berwakaf Tunai. Dengan nilai koefisien determinasi dapat dilihat dari R Square sebesar x 0,747 berarti pengaruh variabel literasi terhadap minat berwakaf uang adalah 74,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Riska Andriani, Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.