Pola Komunikasi Usaha Pembuatan Tali Kapal Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Manjopai Desa Karama Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v4i2.121Keywords:
Komunikasi, Tali Kapal, Pendapatan, MasyarakatAbstract
Komunikasi sangat memengaruhi jalannya suatu usaha yang terjalin komunikasi dengan baik antar individu dan individu lainnya, serta antara individu dan kelompok usaha. Dalam usaha atau organisasi, terdapat dua unsur penting yang harus diperhatikan yakni antar usaha dan komunikasi masyarakat, adanya pola komunikasi yang baik antara keduanya berlanjut pada proses komunikasi yang baik pula antara keduanya, sehingga dapat juga menentukan keberlangsungan hidup suatu kelompok usaha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi kelompok merupakan pola komunikasi yang melibatkan beberapa partisipan komunikasi. Komunikasi kelompok dapat terjadi pada kelompok formal maupun kelompok informal yang ada dalam masyarakat sebagai contoh komunikasi yang terjadi dalam pertemuan kelompok nelayan, percakapan dalam kelompok-kelompok ketetanggaan, dan dalam diskusi kelompok terkait kegiatan usaha perikanan tangkap, dan sebagainya. Kelompok ketetanggaan di sini adalah ketetanggaan karena kedekatan tempat tinggal maupun ketetanggaan.