The Effectiveness of Collaborative Strategic Reading (CSR) In Improving Reading Comprehention of The First Year Students at Sma Pondok Pesantren Modern Al Ikhlash Lampoko Campalagian Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.36915/alhaqiqa.v4i1.132Keywords:
Collaborative Strategic Reading (CSR); Reading ComprehensionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan CSR lebih efektif atau tidak dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas 1 SMA Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash. Sample dari penelitian ini adalah 40 siswa dari 2 kelas yang mempunyai level yang sama. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimen dan data penelitian dikumpulkan melalui instrument tes membaca yang kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil statistik penelitian tidak menegaskan bahwa CSR lebih efektif dari GTM dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa yang berhubungan dengan kosa kata. Akan tetapi hasil menunjukan bahwa CSR lebih efektif dari GTM dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa yang berhubungan dengan pertanyaan tentang ide pokok, supporting detail dan membuat kesimpulan. Jadi disimpulkan bahwa CSR effective untuk digunakan dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa khususnya berhubungan dengan pertanyaan ide pokok, menemukan ide pendukung dan membuat kesimpulan.