Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi di Sekolah Dasar

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • salam 1. Institut Agama Islam Darul Da'wah Wal Irsyad Polewali M
  • Muji Rahayu IAI DDI Polewali Mandar
  • Mustapa T IAI DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jitu.v13i2.248

Keywords:

hasil belajar, Metode, resitasi

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas III SD Negeri 017 Polewali Kab. Polewali Mandar ?.Sedangkan tujuan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini adalah  untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas III SD Negeri 017 Polewali melalui penerapan metode Resitasi  dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penugasan (tes dan observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar PPKn  penerapan metode Resitasi adalah 1).  siklus I, masuk dalam kategori rendah dengan jumlah nilai rata-rata 60,00 dengan ketuntasan belajar sebesar 33,34%, sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 91,67% 2). Terdapat peningkatan hasil belajar PPKn siswa kelas III SD Negeri 017 Polewali melalui penerapan metode Resitasi, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Downloads

Published

2023-12-10

How to Cite

Abd. Salam Harianto, A. S. H., Muji Rahayu, & Mustapa T. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi di Sekolah Dasar: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE RESITASI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat, 13(2), 116–123. https://doi.org/10.36915/jitu.v13i2.248