Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji di Era New Normal
DOI:
https://doi.org/10.36915/jurnalkajianekonomidanperbankansyariah.v1i2.200Keywords:
Strategi Pemasaran, Produk tabungan, New NormalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Bank Muamalat KCP.Wonomulyo. Instrumen uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis SWOT yaitu dengan menemukan item-item faktor yang berkenaan dengan kekuatan dikomparasi denganseluruh item kelemahan yang ditemukan,demikian halnya dengan faktor yang sifatnya eksternal, yaituberkenaan dengan hal yang menjadi peluang dikomparasikan dengan hal yang menjadi ancaman.Berikut dilanjutkan untuk dirumuskan pada Diagram Cartesius, termasuk Internal dan Eksternal metrix, dan diakhiri dengan SWOT Metrix. Dari hasil analisis pada Diagram Cartesius nampak bahwa posisi Bank Muamalat terletak pada sel I yang menunjukkan bahwa Bank Muamalat menghadapi beberapa peluang dan mempunyai berbagai kekuatan yang mendorong untuk mendapatkan peluang-peluang tersebut. Dan posisi Bank Muamalat dalam matrik Intern dan ekstern, juga berposisi pada kuadran I yaitu pada posisi GROWTH yaitu pada vertical integration yaitu berada pada status kompetitif pasar sangat kuat dalam pemasaran dengan kemampuan bersaing yang tinggi. Dalam SWOT Matrix ditemukan empat strategi alternatif yang bisa diterapkan Bank Muamalat KCP.Wonomulyo. Pada Strategi SO dapat memanfaatkan Bahwa Bank Muamalat adalah satu-satunya Bank syariah yang memiliki nasabah Tabungan Haji yang cukup banyak dan bekerja langsung dengan Kemenag.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 cindy, Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.