Agency Problem pada Akad Mudharabah dalam Kontrak Bisnis Islam

Authors

  • Rizkia Afni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ziana Asyifa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Akbar Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar

DOI:

https://doi.org/10.36915/jurnalkajianekonomidanperbankansyariah.v2i2.260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui agency problem pada akad mudharabah dalam kontrak bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau literature review. Penelitian kepustakaan adalah suatu bentuk penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan berbagai macam referensi yang menjadi sumber utama untuk melakukan penelitian, referensi yang menjadi sumber utama dalam penelitian ini adalah artikel yang diterbitkan dalam jurnal, dan artikel tertulis lainnya.  Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ketika perusahaan membagi struktur kepemilikan dan juga manajemen perusahaan maka akan timbul masalah di dalamnya, masalah yang muncul adalah masalah keagenan atau agency problem. Agency problem terjadi karena adanya asimetri informasi dalam hubungan antara principal (shahibul maal) dan agent (mudharib). Terdapat dua macam asimetri informasi yaitu adverse selection dan moral hazard. Dalam adverse selection para manajer/agen (mudharib) lebih banyak mengetahui tentang keadaan perusahaan dibandingkan principal (shahibul maal). Dan Moral Hazard mencakup kegiatan yang dilakukan oleh seorang manajer (mudharib) tidak seluruhnya diketahui oleh pemegang saham atau pemilik saham dalam hal ini principal (shahibul maal). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menawarkan beberapa upaya untuk meminimumkan agency problem pada akad mudharabah dalam kontrak bisnis Islam.

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles